Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah - JINGGA

KOMPUTER Dan ELEKTRONIK, BISNIS, KEUANGAN, INFORMASI, ADSENSE

"/>

Breaking

Post Top Ad






Rabu, 09 Februari 2022

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah

JINGGA
Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog – Mau tidak mau jika kita ingin membuat tampilan website berbeda dengan tampilan website orang lain, maka kita harus berani bermain dengan kode. Apalagi jika template yang kita gunakan adalah template gratis. Otomatis akan banyak tampilan website yang sama. Karena umumnya kita lebih suka menikmati fasilitas gratis daripada yang berbayar.
Ketika kita sedang menata tampilan website atau blog sering terbentur dengan ide dalam menata layout tersebut. Contoh kecilnya kita bingung dalam menentukan warna website yang tepat dan sebagainya.
Jalan keluar untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan mencari di internet untuk menemukan blog atau website yang tampilannya bagus. Namun jika pengetahuan kita akan script atau kode sangat minim sekali, justru akan semakin tambah bingung juga.
Yang ada mungkin kita malah tercengang saja dengan tampilan website tersebut!
Jika kita terdampar disebuah blog yang tampilannya keren, mungkin dalam pikiran kita akan terlintas bagaimana cara membuat tampilan tersebut? Kode CSS apa saja yang blog tersebut gunakan? Kode PHP, HTML, atau mungkin kode Javascipt apa yang digunakan blog tersebut sehingga tampilannya bisa memikat setiap pengunjung?
Solusi satu-satunya adalah kita meski tahu source code yang digunakan blog tersebut. Kita bisa meniru tampilan website atau blog tersebut tanpa harus meminta bantuan admin blog.
Ko bisa, bagaimana caranya?

Berikut Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain

Alat yang kita gunakan untuk meniru tampilan website orang lain hanya media browser. Cukup media browser saja! Semua jenis media browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain-lain bisa kita gunakan untuk mengetahui source kode website atau blog orang lain.
Mari kita praktikkan sekarang!
Contohnya kita ingin mengetahui kode CSS yang digunakan oleh blog InfoMenarik, tepatnya adalah CSS pada header.

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah 2

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah 2

Perlu diketahui bahwa source kode yang ditampilkan oleh media browser adalah source kode yang telah diproses oleh media browser itu sendiri. Jadi bukan source kode asli atau source kode yang diproses oleh server (seperti PHP dan Javascript) kecuali kode CSS dan HTML.
Mari dilanjut materinya ….
Setelah kita menentukan bagian tampilan website mana yang akan tiru desainnya, contoh disini tampilan header website InfoMenarik. Arahkan kursor mouse pada header kemudian klik kanan dan pilih Periksa elemen (Chrome) Inspeksi Elemen (Firefox).
Maka kita akan mengetahui elemen header yang digunakan blog InfoMenarik.
Untuk mengetahui kode CSS yang digunakan, Anda bisa lihat pada tab Style (sebelah kanan). Disana sangat jelas terlihat style.css yang digunakan pada menu header InfoMenarik.
Jika kita ingin meniru tampilan header berdasarkan elemen style css tersebut, maka kita cukup melakukan copy dan paste kedalam file style.css template yang digunakan.
Saya sarankan sebaiknya Anda coba dulu di WordPress offline seperti menggunakan Instant WordPress.

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah 3

Menggunakan media browser Google Chrome kita juga bisa mengetahui pengaturan kode Responsive Website atau Blog. Hal ini cukup dengan memilih Toggle device mode atau Ctrl+Shift+M pada keyboard.
Fasilitas cek responsive ini bisa kita manfaatkan untuk mengetahui apakah suatu website atau blog yang kita kunjungi sudah responsive atau belum.

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah 4
Setelah Anda memilih Toggle device mode maka tampilan browser akan berubah seperti gambar di bawah ini. Jika website atau blog sudah responsive, maka ketika kita rubah ukuran media screennya tampilan website akan tetap rapi.

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah 5
Kita juga bisa mengetahui element style css responsive yang digunakan blog orang lain.

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah 6
Kita bisa mencoba screen lainnya untuk menayangkan tampilan responsive website. Atau kita bisa memilih device model otomatis browser google chrome.

Cara Meniru Tampilan Website Atau Blog Orang Lain Dengan Mudah 7
Dengan memanfaatkan fasilitas Periksa elemen (Chrome) atau Inspeksi Elemen (Firefox) maka kita akan mengetahui source kode yang digunakan website atau blog orang lain. Kita bisa memodifikasi tampilan blog yang bersumber dari tampilan blog orang lain.
Sebaiknya ketika kita meniru tampilan website orang lain, kita modifikasi atau sesuaikan lagi dengan blog kita. Dengan begitu tampilan website kita akan berbeda dengan tampilan blog pada umumnya.
Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga sukses!

Post Top Ad

Your Ad Spot